Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI LAPTOP YANG SERING MATI SENDIRI

Begini Loh Cara - Cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri. Mungkin ada yang pernah mengalami masalah dengan laptop yang mati (shut down)  sendiri setelah sekian menit. Untuk bisa dihidupkan kembali, kita perlu menunggusekian menit juga. Nah hal ini tentu akan menggangu kerja agan, aganwati semua. Lalu mengapa laptop sering mendadak off tersebut?  Dan bagaimana cara mengatasinya? Dari beberapa penelusuran ke berbagai portal, saya mendapatkan info berikut:

1. RAM bermasalah

Cara mengatasinya adalah, buka laptop pelan pelan. Taruh baut di wadah agar tidak hilang. Copot RAM . Bersihkan dengan karet penghapus ( pinjam punya anak atau adik saja) bagian tembaganya ( lihat di sisi yang berwarna kekuningan-warna tembaga). Tiup untuk menghilangkan serpihan karet yang tertinggal. Jika sudah selesai tancapkan lagi dengan sempurna, jangan sampai masih ada yang goyang.

2. Saluran udara tersumbat.

Jika saluran udara/kipas tersumbat maka panas laptop saat dipakai tidak tersalur keluar dengan sempurna. Hal ini menyebabkan overheating di dalamnya. Laptop akan mati sendiri jika terjadi overheating. Salah satu penyebab overheating adalah tersumbatnya saluran angin atau kipas oleh debu halus. Biasanya hal ini terjadi pada laptop lama yang jarang dibersikan. Cara mengatasi , setelah laptop dibuka, cari kipas laptop. Lihat di jeruji kipas apakah banyak debu. Jika banyak debu, bersihkan debu tadi bisa dengan kuas atau penyedot debu tetapi jangan dengan kekuatan penuh, nanti malah prethel semua komponennya.

3. Pasta prosesor kering.

Lihat prosesor di laptop. Kalau masih bingung cari gambar prosesor  laptop di google.com. Untuk menjaga agar prosesor tetap stabil panasnya, biasanya di atas prosesor diolesi pasta, tapi bukan pasta gigi loh. Pasta prosesor dapat dibeli di toko komputer. Mohon hati-hati dengan prosesor, kalau kesulitan mencari prosesor, minta bantuan saja ke kawan yang tahu jeroan komputer agar tidak menyebabkan rusak bagian lain. Olesi prosesor tadi dengan pasta yang sudah kita beli.

4. Mather board atau main board rusak.

Jika yang rusak bagian ini, disarankan tidak usah diperbaiki. Simpan saja laptopnya atau kasih anak buat mainan dan beli yang baru. Dari pengalaman saya, ganti mother board malah membuat laptop rusak total atau laptop tidak berumur lama.

5. OS Windows yang bermasalah

Jika OSnya bermasalah, maka slolusinya adalah instal ulang saja.

6. Paling Penting.

Sebelum agan memutuskan nomor 1 sampai dengan 5 yang bermasalah, ada baiknya mencoba menyelesaikan laptop yang sering mati mendadak dengan mengubah seting Processor Power Management tidak 100%. Pengalaman saya, setelah laptop dibersihkan, ternyata  masih sering mati. Saat saya ganti seting power manajemenya, alhamdulilah sudah normal kembali.

Untuk mengganti seting Processor Power Management. Klik Control panel--> System and Security---> Change plan settings-> muncul kotak Advance settings---> Klik Processor Power Management---> Klik Maximum Proces State--->Ubah di Setting angka 100 menjadi 50----> Klik Apply
Nah dengan cara tersebut ternyata laptop saya tidak lagi mati mendadak.

Selamat mencoba tips sederhana tadi untuk cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri.




Posting Komentar untuk "CARA MENGATASI LAPTOP YANG SERING MATI SENDIRI"