Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGGANTI DOMAIN BLOGSPOT DENGAN DOMAIN SENDIRI

Postingan ini bagi kawan-kawan yang belum tahu cara mengganti domain blogspot dengan domain sendiri.
Terdapat banyak platform web/blog bertebaran di dunia maya. Dua diantaranya sangat familiar dan banyak digunakan oleh blogger baik pemula maupun yang sudah mahir, baik yang amatiran maupun yang profesional dengan berbagai tujuan.

Dua platform blog tadi adalah blogger.com/blogspot.com dan Wordpress.org. Blogger/blogspot di bawah kendali Google sepenuhnya, sehingga adakalanya sebuah blog yang dianggap tidak mematuhi TOS Google, akan dihapus oleh Google, dan pemilik blog tidak dapat banyak membela diri. Dikarenakan di bawah kendali Google, maka pengguna tidak mengeluarkan biaya untuk domain maupun hosting sama sekali untuk me-manage blognya.

Sementara platform kedua (wordpress.org), merupakan free script blog yang dapat digunakan oleh siapa saja dan dikembangkan oleh siapa saja. Pengguna harus menyiapkan domain sendiri, baik yang berbayar atau sering disebut TLD (Top Level Domain), maupun freenom domain. Domain free dengan berbagai kode extention, misalnya .ga, .ml, dan .tk. Di samping itu, pengguna platform wordpress.org juga harus menyiapkan hosting tempat menaruh script wordpress tadi, baik hosting gratis yang disediakan oleh pihak-pihak tertentu  ( dengan segala keterbatasannya) maupun hosting berbayar mulai dari yang murah maupun yang mahal   ( dengan berbagai fasilitasnya).

Namun demikian, meskipun gratis, pihak Google masih mengizinkan pengguna platform blogspot mengganti nama blog-nya dengan nama TLD-nya. Jadi blog yang dibuat midasalnya dengan nama, namablog.blogspot.com bisa diubah menjadi apapunnamanya.com, apapunnamanya.org apapunnamanya.tk dst.

Untuk mengubah menjadi nama blog dengan TLD atau freenom tersebut, tentu pengguna harus menyiapkan domainnya, baik yang free atau yang berbayar.

Kali ini akan dicontohkan cara mengganti nama blog pada namablog.blogspot.com menjadi  blog dengan TLD (Top Level Domain). TLD dalam contoh ini berada /dibeli di namecheap.com. Bagaimana jika domain dibeli di tempat lain? Jangan khawatir, setiap portal penyedia jasa jual beli domain memberikan panduan untuk hal tersebut. Tinggal ketik di menu Help atau search di portal berkenaan.

Langkah cara mengganti domain blogspot dengan domain sendiri

  1. Login member page di namacheap.com
  2. Masuk ke Dasboard Blogspot
  3. Pilih blog yang akan diganti menjadi TLD
  4. Klik menu Setelan, sebelah kiri
  5. Klik link “+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda
  6. Kembali ke Dashboard namecheap.com
  7. Pilih domain yang akan digunakan (dipilih). Contoh topicenter.xyz
  8. Klik menu Manage domain tadi
  9. Klik Menu Advanced DNS
  10. Kembali ke Blogspot
  11. Isikan Setelan domain pihak ketiga dengan domain yang di namacheap.com tadi. Jangan lupa dengan www-nya jadi www.topicenter.xyz
  12. Klik Simpan
  13. Ada pemberitahuan seperti  gambar berikut
  14. Kembali ke namecheap.com
  15. Klik menu “ Add New record” Pilih CNAME  Record
  16. Isikan kolom Host dengan “www” dan Value (IP Adress) dengan “ghs.google.com” [Tanpa tanda “ ya ]
  17. Klik Save ( tanda centang sebelah kanan )
  18. Add lagi Menu Add New Record. Pilih CNAME Record lagi.
  19. Isikan kolom host dengan kode kedua di Dashboard Blogspot ( lihat gambar )
  20. Isikan kolom value dengan kode pasangannya ( lihat gambar ) di poin no.13
  21. Klik Save ( tanda centang sebelah kanan )
  22. Hapus parkingpage.namecheap.com ( Klin gambar kotak sampah sebelah kanan)
  23. Balik, ke dashboard Blogspot. Klik Simpan [ Kalau masih belum berhasil, refresh browser/isikan ulang nama domain tadi di kolomnya]
  24. Berhasil. Lihat di browser url kita sudah menjadi www.topicenter.xyz

Nah selamat mencoba cara mengganti domain blogspot dengan domain sendiri untuk mempercantik nama blog kita.

2 komentar untuk " CARA MENGGANTI DOMAIN BLOGSPOT DENGAN DOMAIN SENDIRI"

  1. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  2. Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda berada dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal, hubungi kami melalui email hari ini untuk bantuan tersebut (pinjaman, uang start-up): rebaccamorrisloanfirm @ gmail. com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11: 10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk orang-orang yang berpikiran serius dan Allah takut di keuangan kesulitan dan ingin menemukan jalan keluar.

    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________

    Alamat Anda:____________________

    Negara: ____________________

    Kerjamu:__________________

    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

    Pinjaman Durasi: ____________________

    Pendapatan bulanan: __________________

    Nomor telepon:________________

    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

    Jika Anda telah membuat pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan tersebut berlokasi? .

    BalasHapus