Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Data Double di Excel

Begini loh cara mengecek data double di Excel. Kalau agan punya data excel dan ingin tahu apakah ada data yang sama, maka beberapa cara dapat digunakan. Misal agan punya data Asin amazon (kode khusus untuk tiap produk di amazon) dan akan digunakan untuk posting di blog Agan, maka yang diperlukan adalah mengeceak apakah ada asin yang kembar dan sekaligus membuang data asin yang kembar dan hanya meninggalkan satu data asin yang unik. Untuk kasus ini, sangat mudah.

Cara Mengecek Data Double di Excel

  1. Taruh data asin di 1 kolom yang sama ke bawah.
  2. Sorot data asin tersebut. Agar tersorot semua taruh kursor pada huruf A atau B atau C tempat agan taruh data yang akan dicek.
  3. Klik menu Data kemudian Pilih “ Remove Duplicates”
  4. Muncul Pop up, klik OK
  5. Muncul pop up pesan, berapa data yang kembar (duplikat) dan berapa yang unik.
  6. Klik OK, data yang sisa tinggal yang unik.
Nah jika Agan mempunyai data pada kolom A dan ingin memastikan  apakah data pada kolom A ada pada kolom B, maka cara yang digunakan menyandingkan data kolom A dengan Kolom B. Banyak cara dapat digunakan, tetapi saya biasanya memakai formula sederhana ini, =IF(ISERROR(MATCH(A1;$C$1:$C$5;0));"";A1). Keterangan= A1 jika data I ditaruh di kolom A baris1, C jika data II ditaruh di kolom C. C$1:$C$5 adalah raw 1 sampai dengan 5 data II. Ganti angka 5 dengan jumlah baris data yang akan dibandingkan. Untuk jelasnya lihat gambar.

Cara membandingkan data pada 2 kolom excel.

  1. Taruh data I di kolom A ke bawah
  2. Taruh data II di kolom C ke bawah
  3. Copy paste formula ini =IF(ISERROR(MATCH(A1;$C$1:$C$5;0));"";A1) di kolom B             ( tengah)
  4. Copy formula tadi ke bawah sebanyak data di raw ( baris) yang akan dibandingkan.
  5. Hasil terlihat. Kalau baris atau raw di kolom B terisi, maka data pada baris pada kolom A sebelahnya ada yang sama dengan data pada kolom C. Lihat gambar

Mudah bukan, cara mengecek data double di Excel. Lain kali akan disajikan trik mudah excel untuk membantu Agan menyelesaikan tugas-tugas baik di kantor atau di rumah.

1 komentar untuk "Cara Mengecek Data Double di Excel"

  1. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} Lucysmithloanfirm@gmail.com
    Informasi Peminjam:
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________
    Lucy Smith Badan Kredit

    BalasHapus