Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan Motor

Beginiloh caraCara perpanjangan STNK 5 tahunan motor. Bagi pemilik kendaraan bermotor roda 2, selain wajib membayar pajak tiap tahun diwajibkan juga memperpanjang STNK motor setiap 5 tahun sekali atau biasa disebut juga dengan ganti plat nomor sepeda motor. Perpanjangan STNK motor 5 tahunan ini sedikit berbeda dengan membayar pajak motor tahunan. Untuk membayar pajak, sudah banyak dilakukan secara online atau membayar di gerai-gerai yang disediakan di tempat keramaian misalkan di mall. Mengganti plat nomor  setiap lima tahun harus di Samsat.

Jika Anda sibuk, Anda dapat meminta jasa seseorang untuk mengurusnya yang tentu saja harus mengeluarkan tambahan biaya jasanya. Harus diingat, semua persyaratan harus tetap dipenuhi meskipun menggunakan jasa perpanjangan STNK. Jangan berfikir cukup memberikan uang dengan jumlah tertentu tanpa menyertakan berbagai persyaratan yang diperlukan, lantas STNK dapat diperpanjang. 

Ada baiknya, kita mengurus sendiri perpanjangan STNK 5 tahunan atau membayar pajak tahunan. Meskipun Anda sibuk, tidak mengapa sekali-kali meluangkan waktu melakukan hal tersebut agar tahu prosesnya dan bisa bertemu dengan banyak orang dan bisa bercerita cara memperpanjang STNK atau membayar pajak kendaraan.

Jangan khawatir, tentang proses yang berbelit dan lokasi pembayaran yang pengap, panas, penuh asap rokok dan sebagainya. Hampir semua Pemda/Samsat sudah menyediakan tempat yang sangat memadai/representatif misalnya ruangan sudah ber-AC sehingga tidak ada asap rokok, tempat duduk yang banyak dan cukup nyaman, dan TIDAK ADA PUNGLI, semua proses dilakukan dengan transparan dengan biaya yang sudah ditentukan sesuai UU. 

Nah, ini ada tips cara perpanjangan STNK 5 tahunan motor yang cepat dan nyaman

1.Persiapkan berbagai dokumen yang diperlukan

Pastikan Anda membawa BPKB asli dan fotokopinya. BPKB nanti untuk mengecek keaslian motor Anda. Jangan lupa juga STNK asli dan fotokopinya. Juga pastikan anda membawa KTP yang sesuai dengan yang di BPKB dan STNK motor. Jika motor yang akan diperpanjang ber-KTP orang lain, maka Anda harus pinjam dulu KTP dari orang tersebut. Untuk fotokopi dokumen tersebut bisa dilakukan di mana saja, namun untuk praktisnya dapat difotokopi di lokasi Samsat. Serahkan saja semua dokumen tersebut ( BPKB, STNK, dan KTP), mereka sudah mengerti berapa lembar yang dibutuhkan dan disertakan juga map kosong untuk tempat berkas tersebut.

2.Usakahan membawa tas kecil 

Tas diperlukan untuk menyatukan dokumen tersebut, karena proses perpanjangan STNK melalui beberapa meja/loket sehingga Anda harus berpindah-pindah. Apalagi proses tersebut juga memerlukan waktu beberapa lama, sehingga akan lebih aman semua berkas ditaruh di tas, untuk menghindari tercerer atau terlupa. Biasanya sambil menunggu antrian, kita main HP atau baca koran/buku dan begitu ada panggilan untuk proses perpanjangan kita langusng pergi ke loket, sementara berkas tertinggal di kursi.

3.Usahakan datang lebih pagi

Tidak mengapa datang lebih pagi agar dapat pelayanan lebih dulu sehingga cepat selesai. Harus diingat bahwa setiap hari banyak orang yang memperpanjang STNK-nya. Datang lebih pagi adalah pilihan terbaik. Jika anda berkenan cuti bekerja, memperpanjang STNK pada hari Senin biasanya lebih sepi dibandingkan pada hari Sabtu.

4.Siapkan uang tunai

Beberapa Samsat belum menyediakan pembayaran non tunai sehingga anda harus menyiapkan uang secara tunai. Pastikan uang yang disiapkan cukup, jangan sampai kurang karena kalau kurang anda harus membuang waktu untuk memenuhi kekurangannya ( ke ATM dan sebagainya).

5.Cek Fisik

Untuk perpanjangan STNK motor, harus dilakukan cek fisik dulu. Jangan khawatir atau bingung di sana sudah disediakan petugas dan peralatannya untuk itu. Saat sampai di samsat langsung saja menuju lokasi cek fisik. Kalau bingung tanya petugas di gerbang. Cek fisik sekitar 3 menit.Hanya saja anda harus sabar menunggu jika saat itu sedang banyak yang akan cek fisik . Makanya, datang lebih pagi adalah pilihan tepat. Jika motor Anda matik, maka cek fisik akan lebih cepat. Namun jika bukan, pastikan Anda membuka tutup mesin motor. Petugas biasanya tidak akan membuka tutup mesin motor, pemilik sendiri yang melakukan (karena perlu waktu lama). Untuk mengetahui nomor mesin/rangka bodi motor, cari tahu di internet. Atau jika di dekat Samsat ada bengkel, sebelum masuk ke lokasi cek fisik, buka tutup mesin untuk memudahkan petugas cek fisik.  

6.Pendaftaran perpanjangan STNK

Setelah cek fisik selesai, maka Anda akan diarahkan ke ruangan/loket untuk pendaftaran perpajangan STNK. Anda harus mengambil nomor antrian dan menyerahkan semua berkas yang sudah disiapkan. BPKB asli tidak usah diserahkan, nanti akan ada pangilan untuk menunjukkan BPKB yang asli. Di proses pendaftaran, anda harus membayar biaya pendaftaran (biaya cek fisik tadi).

7.Membayar biaya perpanjangan STNK

Setelah pendaftaran, Anda harus menunggu giliran untuk membayar biaya perpanjangan STNK di loket berikutnya. Usahakan jangan keluar ruangan. Lebih baik duduk di kursi yang tersedia. Setelah membayar, Anda akan diberi bukti pelunasan, pegang jangan sampai hilang.

8.Menerima STNK baru

Setelah membayar biaya perpanjangan STNK, Anda harus menunggu lagi untuk menerima STNK yang baru. Usahakan jangan keluar ruangan, karena prosesnya tidak lama setelah nomor 7. 

9.Menerima plat nomor motor baru

Setelah menerima STNK baru, Anda diarahkan ke loket berikutnya untuk menerima plat nomor baru. Untuk itu, serahkan saja STNK tadi ke petugas loket dan tunggu panggilan untuk menerima plat nomor baru.

Semoga membantu,  cara perpanjangan STNK 5 tahunan motor yang nyaman dan cepat.





Posting Komentar untuk "Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan Motor"