Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS NAIK KERETA API PERTAMA KALI


tips naik kereta executiveBeginiloh caraTips naik kereta api pertama kali. Moda transportasi kereta api kini sudah menjadi primadona, apalagi di 3 bulan terakhir ini  dengan naiknya harga tiket pesawat, maka banyak masyarakat beralih ke kereta api. Hal ini dapt dilihat dari kapasitas kereta yang selalu penuh baik untuk kereta kelas ekonomi, bisnis, eksekutif bahkan untuk kelas premium. Karenanya, jika Anda akan bepergian dengan menggunakan jasa kereta api, maka Anda harus memesan tiket beberapa hari sebelumnya. Jika tidak ( misal pesan tiket pas hari keberangkatan), sangat dimungkinkan Anda tidak dapat kebagian tiket (sudah full booked). Reformasi jasa layanan kereta api oleh PT KAI yang dilakukan beberapa tahu lalu sudah nampak hasilnya. Naik kereta api sudah menjadi kebanggaan.


Dari segi layanan ketepatan waktu, kini jadwal tiba kereta api bisa dikatakan tepat waktu, kalaupun ada waktu terlambat itupun hanya beda hanya beberapa menit. Ya hanya beberapa menit, misalkan Anda berpergian dengan kereta Argo Bromo Anggrek dari Jakarta (Stasiun Gambir) tujuan Stasiun Pasar Turi Surabaya, jadwal kedatangan kereta tertulis pukul.06.30, nanti kereta berhenti di stasiun Pasar Turi pas di angka 06.33, atau 06.34. Jadi bisa dikatakan tepat waktu.

tips naik kereta api pertama kali

Dari segi kebersihan, maka ruangan kereta kini sudah sangat bersih dan ber-AC bahkan untuk kereta kelas ekonomi sekalipun. Jika beberapa tahun lalu, saat kita naik kereta api, maka akan kita temui pedagang asongan yang masuk kereta menjajakan makanan, bahkan peminta-minta juga dapat leluasa masuk gerbong kereta. Namun kini hal tersebut sudah tidak ada lagi. Bahkan semua penumpang harus mempunyai tempat duduk (untuk kereta jarak jauh). Tidak ditemui lagi penumpang yang tidur/tiduran di lantai gerbong kereta atau di bordes.

Nah, berikut tips naik kereta api pertama kali
  1. Pesen tiket beberapa hari sebelumnya.
  2. Usahakan pilih tempat duduk yang menghadap searah dengan arah laju kereta (untuk mengurangi rasa pusing). Beberapa orang merasa pusing menghadap ke belakang sementara kereta melaju ke arah depan. 
  3. Pastikan Anda duduk di tempat duduk sesuai dengan yang tertera di tiket. Tolak dengan halus jika ada penumpang ingin tukar tempat duduk. Hal ini menghindari jika dia turun lebih dulu daripada kita sementara setelah dia turun, naik penumpang baru (kursinya kita yang menempati- sehingga kita harus pindah).
  4. Jika Anda tidak mau sering diganggu penumpang di samping Anda beranjak dari tempat duduk karena ada keperluan, pilih tempat duduk dekat jendela.
  5. Siapkan ID Card (KTP/SIM)
  6. Jika Anda punya kebisaaan harus sering ke kamar mandi, pilih tempat duduk yang deket lorong (aisle) supaya penumpang di samping tidak merasa terganggu.
  7. Bawa jaket untuk mengurangi rasa dingin ( juga sudah disediakan selimut –untuk kelas bisnis-eksekutif/premium)
  8. Usahakan memakai sandal jepit, karena akan lebih nyaman saat harus ke kamar mandi untuk ambil air wudlu. Sepatu bisa disimpan di dalam koper.
  9. Untuk Muslim, lebih nyaman jika sholat dilakukan dengan jamak takdim biar tenang sepanjang perjalanan dan jika sewaktu-waktu pakaian kena air pipis, tidak perlu diganti (karena kita sudah sholat)
  10. Datang lebih awal dari waktu keberangkatan. Tidak mengapa menunggu di stasiun agak lama daripada ketinggalan kereta. Tempat tunggu di stasiun juga sudah nyaman
  11. Cetak tiket di konter yang telah disediakan. Jika bingung bisa minta tolong petugas yang sudah disiapkan.
  12. Jangan lupa bawa obat-obatan yang diperlukan.
  13. Ada baiknya membawa makanan/minuman secukupnya untuk bisa dinikmati di dalam gerbong kereta. Kita bisa juga membeli makanan yang disediakan oleh PT Kereta Api tapi tentu dengan harga yang agak mahal. Jika Anda pelanggan setia kereta api (rutin naik kereta api), ada baiknya membawa manakan/minuman sendiri untuk menghemat belanja (karena lain hari kita harus naik kereta lagi).
  14. Sebelum berangkat, usahakan buang air besar dulu dan makan secukupnya agar tidak BAB di dalam kereta. Meskipun disediakan toilet yang bersih, tentu akan lebih nyaman jika kita tidak BAB di kereta.
  15. Catat nomor telepon petugas yang dipampang di dinding kereta bagian depan, jika sewaktu-waktu memerlukan bantuan.
  16. Jika mendapati toilet sudah kotor (bau), jangan segan-segan menghubungi petugas untuk dibersihkan. Dengan senang hati mereka akan membersihkan.
  17. Taruh tas besar di loker atas agar tempat duduk lebih lapang sehingga nyaman. Barang-barang yang siap digunakan (charger HP, makanan/minuman dll) taruh di gantungan atau di saku depan tempat duduk sehingga tidak repot buka koper/tas.
  18. Selalu waspada dengan barang bawaan Anda, dan jangan lupa cek kembali sebelum turun untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.
  19. Ada baiknya basa basi dengan menanyakan nama penumpang di samping Anda agar tidak canggung dan bisa saling mengingatkan jika ada  hal-hal yang perlu dilakukan.
  20. Jika ingin makanan/minuman hangat, datang saja ke kereta makan. 
  21. Selalu awali dengan berdoa sebelum kereta berangkat.

Nah, itulah tips naik kereta api pertama kali berdasarkan pengalaman.

Posting Komentar untuk "TIPS NAIK KERETA API PERTAMA KALI"